Entri Populer

Senin, 23 Mei 2011

Proposal Penawaran Program Training Kegiatan

TERITORIAL OF TRAINER (T2)

Dalam rangka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama di Bidang Organisasi maka Teritorial Of Trainer (T2) bersedia membantu sekolah dalam pelatihan organisasi baik di Tingkat Pramuka, Osis maupun yang lainnya.  Untuk Lebih Jelasnya silahkan lihat Proposal Dibawah ini :

PROJECT PROPOSAL
PENAWARAN PROGRAM TRAINING ORGANISASI
(Indoor dan Outdoor Edukasi)
I.         LATAR BELAKANG
Setiap organisasi tentu menghadapi masalah bagaimana organisasi berjalan dengan baik. Salah satu sarana agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan struktur organisasi yang bersangkut sehat dan efisien harusnya melakukan asas-asas organisasi.
Pada umumnya organisasi menghadapi masalah para pengurus yang berkerja didalamnya tidak mengetahui, apalagi menyakini tujuan organisasi; adanya pembentukan satuan organisasi yang kurang berlandasarkan pada pengembangan volume kerja, tiap-tiap pengurus kebanyakan tidak mempunyai daftar perincian tugas yang jelas, sehingga tidak mengetahui apa sebenarnya yang menjadi tanggungjawab pokok, adanya tugas yang terhenti karena pengurusnya sedang tidak aktif, adanya kesamaan kerjaan atau sebaliknya kekosongan pengurus atas sesuatu aktifitas rangkap jabatan, kurang adanya pengertian bahwa setiap pengurus dari ketua sampai dengan pengurus lainnya harus memiliki wewenang tertentu dalam bidang tugasnya, banyak para pengurus yang bekerja hanya sekedar menunggu perintah.
Oleh karena itu sangat diperlukan adanya kesadaran para pengurus tentang perlu dan pentingnya menguasai organisasi dalam praktek.
Untuk menghasilkan Manajemen yang efektif, sekolah harus meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya agar mampu bekerja secara Tim. Peningkatan sumber daya manusia ini berkenaan dengan perilakunya, baik secara individu maupun ketika berinteraksi di dalam Tim. Keberhasilan bekerja dalam suatu tim membutuhkan suatu PELATIHAN untuk dapat memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim.
Dengan kerangka pikir diatas, kami teritorial of Trainer (T2)  menawarkan program Training Organisasi yang dapat merealisasikan Organisasi anda memiliki Manajemen yang Efektif.
II.      MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM
1.      Menggali potensi yang dimiliki sekolah guna memajukan sekolah.
2.      Menjadi media alternatif dalam pengembangan potensi diri dan Sumber Daya Manusia di kalangan pelajar
3.      Menjadi alternatif wisata edukatif, penyegaran sekaligus pembelajaran bagi siswa-siswi yang sarat dengan muatan positif.
III.   SASARAN
Program pelatihan ini diperuntukan untuk semua siswa-siswi baik SD, SMP maupun SMA
IV. PROGRAM – PROGRAM KEGIATAN/ JENIS KEGIATAN
A.Program Kegiatan yang ditawarkan terdiri dari
1. LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA ( LDKS) :
Program pengembangan diri bagi siswa terutama OSIS untuk memajukan organisasinya supaya dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagaisuatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari-hari.

2. OUTBOUND MANAJEMEN TRAINING ( OMT):
 Program pelatihan ini, bagi siswa untuk membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun perilaku. Saling ketergantungan, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini. Metode yang akan dipelajari adalah:
1.      Metode simulasi kehidupan kompleks menjadi sederhana.
2.      Metode menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman
3.      Metode penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan.
Program Outbound Training ini akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 70 % dialam terbuka dan 30 % diskusi kelompok dan teori sebagai penunjang dari setiap kegiatan.Setiap aktifitas outdoor ini memerlukan stamina, perhatian, konsentrasi.
Dengan metode pembelajaran "Experiental Learning" diharapkan peserta akan dapat mengevaluasi tindakan, selanjutnya menentukan tujuan yang akan dicapai dengan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi. Peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.

3. PERKEMAHAN PRAMUKA
Perkemahan merupakan merupakan bentuk penerapan metode kepramukaan yang mendorong peserta didik untuk instropeksi sehingga menyadari tentang diri pribadinya yang berkaitan dengan prinsip dasar Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka.
Dalam perkemahan perlu adanya konsep yang cukup matang karena dengan konsep yang matang kegiatan akan lebih bermanfaat dan berjalan lancar serta bisa dijadikan pengalaman yang sangat berharga.
Tujuan berkemah adalah membina dan mengembangkan melalui kepramukaan, ketahanan mental/moral/spiritual, fisik, intelektual, emosional dan sosial peserta didik sebagai individu dan anggota masyarakat.
Adapun jenis perkemahan, diantaranya:
1.Perkemahan Sabtu – Minggu (Persami) baik Siaga, penggalang maupun penegak.
2. Perkemahan Pelantikan baik Siaga, penggalang maupun penegak.
3. Perkemahan Wisata baik Siaga, penggalang maupun penegak.
4. Perkemahan-perkemahan lainnya.
V. FASILITAS PELATIHAN :
1.      Trainer yang sudah berpengalaman
2.      Sertifikat Training
V. PAKET PROGRAM
1. LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA SEKOLAH (LDKS)
 Kegiatan ini dibuat dengan durasi sesuai dengan keinginan pihak sekolah : bisa 3 hari 2 malam, 2 hari 1 malam maupun 1 hari saja.
JUMLAH PESERTA 15– 50 orang Biaya per hari Rp. 200.000,
Materi pelatihan
1.      Organisasi
2.      Kepemimpinan
3.      Komunikasi
4.      Pengambilan Keputusan
5.      Motivasi
6.      Wawasan Wiyata Mandala
7.      Dinamika Kelompok
8.      Administrasi
9.      Penyusunan Proposal
10.  Games
Materi bisa disesuaikan dengan kesepakatan sekolah dengan pihak Teritorial of Ttrainer
Jadwal kegiatan disesuaikan dengan hari pelaksanaan 
2. Outbound Manajemen Training
Durasi kegiatan ini disesuaikan dengan keinginan sekolah : bisa 3 hari 2 malam, 2 hari 1 malam atau 1 hari saja
Jumlah peserta 15-50 siswa biaya per hari Rp. 200.000,-
Materi pelatihan
  -   Motivasi
 -   Kerjasama
Outbound 
- Studi Kasus
IV.         WAKTU PELAKSANAAN PELATIHAN
Untuk pelaksanaan pelatihan sesuai keinginan pihak sekolah yang penting pada saat hari libur. Diutamakan hari Jumat sore sampai minggu sore atau hari-hari libur lainnya.
.
 LOKASI PELAKSANAAN PELATIHAN
Untuk lokasi pelatihan disesuaikan dengan keinginan pihak sekolah.
VI. INFORMASI TAMBAHAN
1. Perlengkapan Yang Perlu Dibawa
ransel atau tas yang enak dibawa
baju ganti secukupnya
baju berlengan panjang bagi yang berkulit sensitif
baju hangat atau jaket
celana lapangan dan celana olahraga
jas hujan ( ponco )
topi anti air
sepatu dan sandal yang tidak licin ( anti slip )
tempat air minum ( veldples )
Perlengkapan mandi
obat – obatan pribadi
2. Benda – benda lain yang tidak boleh dibawa
Senjata (api / tajam)
Minuman beralkohol
Barang-barang psikotropika
Catatan :
1. Jadwal latihan dan dapat berubah ( tentative ) disesuaikan dengan situasi dan
kondisi di lapangan, serta keinginan konsumen
2. kondisi kesehatan peserta disarankan dalam keadaan prima ( fit )
3. no drugs, no guns
IX. PENUTUP
Demikian proposal ini di sampaikan secara sederhana, Kami yakin belum menyentuh pada hal teknis secara detail. Untuk itu kami bersedia mempresentasikan lebih lanjut usalan ini jika diberi kesempatan untuk itu

1 komentar: